Welcome to

Subscribe: Posts Subscribe to Revolution ChurchComments

Sunday, July 12, 2009

Penghapusan NPWP dan Penggabungan dengan Suami

0 komentar

Question :

Kebetulan saya juga lagi ada trouble untuk NPWP. Teman saya seorang istri dan suaminya sudah punya NPWP, tapi karena istri bekerja maka dikantor tempat dia bekerja meminta NPWP dirinya. Kalo gak salah, kalo mau disamain nomornya dengan suami punya maka 3 digit akhir adalah 001 tapi itupun harus ada kartu NPWP-nya.

Jadinya kantornya memproses NPWP istri dengan melampirkan KK, KTP istri, NPWP suami dengan maksud untuk diberikan NPWP dengan digit akhir 001. Tapi setelah 1 bulan kemudian kartu NPWP telah jadi, kog nomornya beda banget.

Si istri gak mau karena harus buat SPT masing-masing. Jadi, pihak kantor istri buat surat ke KPP yang dia proses awal (KPP untuk kantor) untuk serahin NPWP nya dan mau dibuatkan NPWP baru dengan 3 digit 001 dari NPWP suaminya. Tetapi KPP tersebu bilang kalo mau hapus NPWP harus ke KPP Kalibata..
 

Yang mau saya tanya :
1. Memangnya kalo mau hapus NPWP harus ditujukan ke KPP Kalibata?
2. Lama gak prosesnya ?
3. Bagaiman proses pembuatan NPWP dengan 3 digit 001 dari NPWP suami? apa ada form khusus ?

 

Answer  :

1. Penghapusan NPWP dilakukan di KPP tempat terdaftar, jika terdaftar di KPP Kalibata, maka harus di ajukan ke KPP Kalibata. Penghapusan NPWP dapat menggunakan form pendaftaran hanya saja pd belakang lampiran II di tickmart pada kolom pencabutan NPWP disertai lampiran Kartu NPWP, SKT, dan surat pernyataan mengenai alasan NPWP Dicabut dan jangan lupa ditandatangani.

 

Untuk penghapusan NPWP efeknya akan terkena pemeriksaan pajak baik pribadi maupun badan. Bila sudah diperiksa maka baru NPWP tersebut bisa dicabut.

 

Untuk referensi penghapusan NPWP bisa dilihat di Peraturan Menteri Keuangan, 20/PMK.03/2008

 

2. Penghapusan NPWP memerlukan waktu yang kurang lebih 6 bulan untuk OP, jadi sabar2 aja.

3. Mungkin untuk kasus pak herli pemohon NPWP harusnya mendaftar pada tempat KPP suami terdaftar dan disertai surat pernyataan ingin menggabungkan NPWP istri dengan suami. Form pendaftaran npwp biasa , perlu di lampirkan fc npwp suami & fc kartu keluarga.. Sebenernya si istri tidak harus membuat NPWP tp boleh, karena penghasilan istri digabung dengan suami kecuali ada perjanjian pisah harta penghapusan bisa dilakukan di KPP yg meliputi tmpt tinggalnya.

 

Penggunaan 001 dibelakang kurang tepat. 001 itu merupakan kode cabang. perusahaan yang mempunyai cabang di tempat lain kodenya dimulai 001. masa anda mau di samain, nanti dikira anda mempunyai istri di cabang ini, cabang itu he4.. minta kode 999 aja.

0 komentar: